Pendidikan dan Pengetahuan, Sosial Politik, Informasi Terbaru, Panduan dan Opini, Internet dan Blogging

Tanggal Lahir Nabi Muhammad Saw Yang Benar Kapan? Ramadlan Xyz

Tanggal Lahir Nabi Muhammad Saw Yang Benar Kapan? Ramadlan Xyz

Ramadlan XYZ :: Tanggal Lahir Nabi Muhammad Saw Yang Benar Kapan? Ramadlan Xyz
بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين
Saya tadi mencoba mengecek tentang artikel artikel yang membahas mengenai Maulid Nabi dan ternyata sampai saat ini masih sangat banyak artikel kaum wahabi yang mencoba menyesatkan ummat islam khususnya Ahlus Sunnah Wal Jama'ah yang sudah biasa mengadakan peringatan maulid nabi sebagai bentuk ungkapan kecintaan mereka kepada Nabi Muhammad Saw.

Kaum Wahabi menggunakan banyak cara untuk menyesatkan ummat islam, dan salah satu caranya mengkaburkan Tanggal lahirnya Nabi Muhammad Saw.

Kita semua sebenarnya sudah sama sama tahu (anda yang pernah mondok di pesantren) bahwasanya Nabi Muhammad Saw lahirnya pada tanggal 12 Rabiul Awal karena penjelasan mengenai Rasulullah Saw dijelaskan di kitab Nurul Yaqin, dan kitab Nurul Yaqin biasanya diajarkan di pondok pondok pesantren.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan yang lebih detail lagi sehingga kaum wahabi tidak akan bisa membantahnya, karena saya juga mengambil pendapat dari ulama wahabi sendiri (Syaikh Bin Baz)

– Syaikh Bin Baz
فتوى رقم (3474):
س: أُرِيْدُ التَّعَرُّفَ عَنْ حَيَاةِ الرَّسُوْلِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَتَى وُلِدَ؟ … 
ج: وُلِدَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً مَضَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ عَامَ الْفِيْلِ … (فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – ج 6 / ص 277)
“Fatwa No 3474: Soal: Saya inging mengetahui kehidupan Rasulullah Muhammad shalla Allahu alaihi wa sallama, kapan dilahirkan?
Jawab: “Nabi dilahirkan di hari Senin, 12 malam di bulan Rabiul Awal tahun Gajah” (Fatawa al-Lajnah al-Daimah li al-Buhuts al-Ilmiah wa al-Ifta’, 6/277).

Syaikh Bin Baz ulama wahabi sendiri ternyata berpendapat bahwasanya Nabi Muhammad Saw Nabi dilahirkan di hari Senin, 12 malam di bulan Rabiul Awal tahun Gajah. jadi sangat lucu apabila kelompok wahabi indonesia terus terusan bersikeras menyatakan bahwasanya Nabi Muhammad Saw tidak Nabi dilahirkan di hari Senin, 12 malam di bulan Rabiul Awal tahun Gajah.

agar lebih sempurna pembahasan kita mari kita kupas mulai awal, benarkah Nabi Muhammad Saw dilahirkan pada hari senin 12 rabiul awal?

Hari Lahir Nabi
Ulama sepakat kelahiran Rasulullah adalah hari Senin sebagaimana dalam hadis sahih riwayat Imam Muslim

عَنْ أبِي قَتَادَةَ الأنْصَارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ اْلإثْنَيْنِ فَقَالَ فِيْهِ وُلِدْتُ وَفِيْهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ – صحيح مسلم

Diriwayatkan dari Abu Qatadah al-Anshari RA bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab, “Pada hari itulah aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku”. (HR Muslim)

Tahun Kelahiran Nabi
Dijelaskan dalam banyak hadis diantaranya:
وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: وُلِدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْفِيْلِ. رواه البزار والطبراني في الكبير ورجاله موثقون (مجمع الزوائد ومنبع الفوائد . محقق – ج 1 / ص 242)
“Ibnu Abbas berkata: Rasulullah dilahirkan di tahun gajah” HR al-Bazzar dan al-Thabrani, para perawinya terpercaya

Juga dalam riwayat lain ditegaskan bahwa Qais bin Makhzamah memiliki kesamaan tahun kelahiran dengan Rasulullah di tahun Gajah (HR Ahmad, dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth)

Tanggal Kelahiran Nabi
Imam Nawawi berkata:
وَاخْتَلَفُوا فِي يَوْم الْوِلَادَة هَلْ هُوَ ثَانِي الشَّهْر ، أَمْ ثَامِنه ، أَمْ عَاشِره ، أَمْ ثَانِي عَشَره ؟ (شرح النووي على مسلم – ج 8 / ص 66)
“Ulama beda pendapat tentang hari kelahirannya, apakah hari 2 bulan Rabiul Awal, ke 8, ke 10 ataukah ke 12 ? (Syarah Muslim 8/66)

Dalil Penguat Tanggal 12 Rabiul Awal

– Hadis al-Baihaqi
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ قَالَ : وُلِدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً مَضَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ قَالَ الْبَيْهَقِي رَحِمَهُ اللهُ : وَرَوَيْنَا عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ثُمَّ عَنْ قَيْسِ بْنِ مَخْزَمَةَ ثُمَّ عَنْ قبُاَثَ بْنِ أَشِيْمٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وُلِدَ عَامَ الْفِيْلِ وَكَانَ الزُّهْرِي وَمَنْ تَابَعَهُ يَقُوْلُوْنَ وُلِدَ بَعْدَهُ وَالْأَوَّلُ أَصَحُّ (شعب الإيمان – ج 2 / ص 134)
Muhammad bin Ishaq berkata: “Rasulullah dilahirkan pada 12 malam bulan Rabiul Awal”. Al-Baihaqi berkata: “Kami meriwayatkan dari Ibnu Abbas kemudian dari Qais bin Makhzamah kemudian dari Qubats bin Asyim bahwa Nabi dilahirkan pada tahun Gajah. Al-Zuhri dan yang mengikutinya mengatakan bahwa dilahirkan sesudah tahun Gajah. Pendapat pertama lebih sahih (HR al-Baihaqi dalam Syuab al-Iman)

– Riwayat Ibnu Abi Syaibah
قَالَ أَبُوْ بَكْرِ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ : حَدَّثَنَا عُثْمَانُ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ مَيْنَاءَ عَنْ جَابِرٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ قَالَا : وُلِدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْفِيْلِ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ الثَّانِيَ عَشَرَ مِنْ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ وَفِيْهِ بُعِثَ وَفِيْهِ عُرِجَ بِهِ إِلَى السَّمَاءِ وَفِيْهِ هَاجَرَ وَفِيْهِ مَاتَ فِيْهِ انْقِطَاعٌ وَقَدِ اخْتَارَهُ الْحَافِظُ عَبْدُ الْغَنِى بْنُ سُرُوْرٍ الْمَقْدِسِي فِي سِيْرَتِهِ (سيرة ابن كثير – ج 2 / ص 93)
“Jabir dan Ibnu Abbas berkata: “Nabi dilahirkan pada tahun Gajah, hari Senin 12 Rabiul Awal. Di hari Senin beliau diangkat menjadi Nabi, melakukan Mi’raj ke langit, hijrah ke Madinah dan hari Senin beliau wafat” Sanadnya terputus dan dipilih oleh al-Hafidz Abd al-Ghani bin Surur al-Maqdisi dalam kitab sejarahnya” (Sirah Ibni Katsir, 2/93) Juga dapat dilihat dalam al-Bidayah wa Nihayah Ibnu Katsir.

– Ahli Hadis al-Munawi
(تنبيه) الْأَصَحُّ أَنَّهُ وُلِدَ بِمَكَّةَ بِالشُّعَبِ بِعِيْدِ فَجْرِ الْاِثْنَيْنِ ثَانِيَ عَشَرَ رَبِيْعَ الْأَوَّلِ عَامَ الْفِيْلِ (فيض القدير – ج 3 / ص 768)
“Pendapat yang lebih sahih bahwa Nabi dilahirkan di Kabilah Quraisy pada fajar hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun Gajah” (Faidh al-Qadir 3/768)

Bahkan ulama Salafi pun berpendapat 12 Rabiul Awal:

– Syaikh Bin Baz
فتوى رقم (3474):
س: أُرِيْدُ التَّعَرُّفَ عَنْ حَيَاةِ الرَّسُوْلِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَتَى وُلِدَ؟ … 
ج: وُلِدَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً مَضَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ عَامَ الْفِيْلِ … (فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – ج 6 / ص 277)
“Fatwa No 3474: Soal: Saya inging mengetahui kehidupan Rasulullah Muhammad shalla Allahu alaihi wa sallama, kapan dilahirkan?
Jawab: “Nabi dilahirkan di hari Senin, 12 malam di bulan Rabiul Awal tahun Gajah” (Fatawa al-Lajnah al-Daimah li al-Buhuts al-Ilmiah wa al-Ifta’, 6/277)

– Syaikh Abdullah al-Faqih
وَأَكْثَرُ أَهْلِ السِّيَرِ عَلَى أَنَّهُ وُلِدَ يَوْمَ الثَّانِيَ عَشَرَ مِنْ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ عَامَ الْفِيْلِ، بَعْدَ الْحَادِثَةِ بِخَمْسِيْنَ يَوْماً (فتاوى الشبكة الإسلامية – ج 44 / ص 50)
“Kebanyakan ahli sejarah bahwa Nabi dilahirkan pada 12 Rabiul Awal, tahun Gajah, setelah 50 hari dari peristiwa tersebut” (Fatawa al-Syabkah al-Islamiyah, 44/50)
فَالْمَشْهُوْرُ فِي كُتُبِ السِّيْرَةِ النَّبَوِيَّةِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وُلِدَ فِي الثَّانِيَ عَشَرَ مِنْ شَهْرِ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ عَامَ الْفِيْلِ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ (فتاوى الشبكة الإسلامية – ج 126 / ص 120)
“Pendapat yang masyhur dalam kitab-kitab sejarah kenabian bahwa Nabi dilahirkan pada 12 Rabiul Awal, tahun Gajah” (Fatawa al-Syabkah al-Islamiyah, 126/120).

Jadi sekarang sudah sangat jelas bahwasanya Nabi Muhammad Saw itu dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah.
Sedangkan kalau dilihat dari tahun Masehi lebih tepat jatuh pada tahun 569 M.

Menurut analisa Dr. Khalid Shaukat (mooonsighting.com), tanggal kelahiran Nabi Muhammad dalam kalender masehi adalah 15 April 569 M.

Kesimpulan ini diperoleh setelah memperhatikan beberapa hal terkait kebiasaan penentuan kalender di masa sebelum kenabian:

*Hari kelahiran adalah hari senin sebagaimana disebutkan dalam hadits.
*Bulan kelahiran Rabi’ul Awwal, sebagaimana artinya, haruslah jatuh di musim semi pada masa itu (sistem nasi’)
*Tahun kelahiran Nabi berselang 53 tahun dengan tahun hijrah pada 622 M. Hal ini karena Nabi diangkat menjadi Rasul pada umur 40 tahun dan tinggal di Mekah selama 13 tahun sebelum berhijrah ke Madinah.
Selain analisa di atas, para sejarawan masih belum bersepakat tentang tahun pastinya. Rentang tahun kelahiran Nabi Muhammad bisa antara 569 dan 571 M. Sekali lagi, ini karena tidak adanya kejelasan penentuan kalender qomariyah di masa orang Quraisy memimpin Mekah.

Berikut ini adalah daftar tanggal-tanggal Masehi yang bertepatan dengan hari Senin, sekitar tanggal 12 Rabi’ul Awwal di musim semi antara tahun 569 – 571 M:

Tanggal qomariyah hari Senin Tanggal Masehi
12 Rabi’ul Awwal 15 April 569
13 Rabi’ul Awwal 5 Mei 570
9 Rabi’ul Awwal 20 April 571

والله الهادي إلى الصراط المستقيم والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Pasang Sponsor Disini, Sponsor Banner, Sponsor Gambar, Sponsor Artikel Dan Lain lain
Posted by admin, Published at 06.28 and have 0komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar