Pendidikan dan Pengetahuan, Sosial Politik, Informasi Terbaru, Panduan dan Opini, Internet dan Blogging

Hadits Mengenai Ghuroba By Ramadlan Xyz

Hadits Mengenai Ghuroba By Ramadlan Xyz

Ramadlan.Xyz :: Hadits Mengenai Ghuroba By Ramadlan Xyz
Bagi anda yang membutuhkan hadits hadits yang menjelaskan mengenai Ghuroba ini saya sajikan kepada anda beberapa hadits mengenai ghuroba

بَدَأَ الإِسلامُ غريبًا، وسَيَعُودُ غريبًا كما بدَأَ ، فطُوبَى للغرباءِ
“Islam muncul dalam keadaan asing, dan akan kembali asing seperti saat  kemunculannya. Maka beruntunglah orang-orang yang asing”. (HR. Muslim)
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ  « إِنَّ الإِسْلاَمَ بَدَأَ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ غَرِيبًا فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ ». قَالَ قِيلَ وَمَنِ الْغُرَبَاءُ قَالَ النُّزَّاعُ مِنَ الْقَبَائِلِ.
“Sesungguhnya Islam muncul dalam keadaan asing, dan akan kembali asing seperti saat  kemunculannya. Maka beruntunglah orang-orang yang asing”. Seseorang bertanya : “Siapakah orang-orang yang asing itu ya Rasulullah e ? “Mereka yang “menyempal” (berseberangan) dari kaumnya”, jawab Rasulullah   (HR. Ibnu Majah, Ahmad & Ad Darimi )
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ  قَالَ إِنَّ الدِّينَ بَدَأَ غَرِيبًا وَيَرْجِعُ غَرِيبًا فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ الَّذِينَ يُصْلِحُونَ مَا أَفْسَدَ النَّاسُ مِنْ بَعْدِى مِنْ سُنَّتِى 
“Sesungguhnya Islam muncul dalam keadaan asing, dan akan kembali asing seperti saat  kemunculannya. Maka beruntunglah orang-orang yang terasing”. Seseorang bertanya : “Siapakah orang-orang yang asing itu ya Rasulullah  ? “Orang-orang yang selalu memperbaiki (melakukan ishlah) di saat manusia merusak sunnah-sunnah ku”, jawab Rasulullah e  (HR. At Tirmidzi, dinyatakan Hasan Shahih oleh Imam At Tirmidzi)
« طُوبَى لِلْغُرَبَاءِ ». فَقِيلَ مَنِ الْغُرَبَاءُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « أُنَاسٌ صَالِحُونَ فِى أُنَاسِ سَوْءٍ كَثِيرٍ مَنْ يَعْصِيهِمْ أَكْثَرُ مِمَّنْ يُطِيعُهُمْ » ﴿رَوَاهُ أحمد ﴾ تعليق شعيب الأرنؤوط : حسن لغيره مكرر
“Beruntunglah orang-orang yang terasing”. Seseorang bertanya : “Siapakah orang-orang yang terasing itu ya Rasulullah  ? “Orang-orang shalih yang berada di antara orang-orang jahat yang jumlahnya banyak sekali. Yang menentang mereka lebih banyak dibandingkan yang mengikuti ”, jawab Rasulullah   (HR. Ahmad, dinyatakan Hasan oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth)
فَقِيلَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَا الْغُرَبَاءُ؟ قَالَ :”الَّذِينَ يُصْلِحُونَ عِنْدَ فَسَادِ النَّاسِ
“Siapakah orang-orang yang terasing itu ya Rasulullah ? “Orang-orang yang selalu memperbaiki (amar ma’rur dan nahi munkar) di saat manusia dalam keadaan rusak”, jawab Rasulullah   (HR. Thabrani, dengan periwayat yang terpercaya /shahih)
Berdasar Hadits-hadits di atas, maka makna Ghuroba’ adalah :
Mereka yang “menyempal” (berseberangan) dari kaumnya atau dari mayoritas masyarakat  (HR. Ibnu Majah, Ahmad & Ad Darimi : Shahih)
Orang-orang yang selalu melakukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar di saat manusia merusak sunnah-sunnah Rasulullah   (HR. At Tirmidzi, Hasan Shahih)
Orang-orang shalih yang berada di antara orang-orang jahat yang jumlahnya banyak sekali. Yang menentang mereka lebih banyak dibandingkan yang mengikuti     (HR. Ahmad, Hadits Hasan)
Orang-orang yang selalu memperbaiki (amar ma’ruf dan nahi munkar) di saat manusia dalam keadaan rusak  (HR. Thabrani, Shahih)

إن الإسلام بدأ غريباً، وسيعود غريباً فطوبى للغرباء) قالوا يا رسول الله: ومن الغرباء؟ قال: (الذين يصلحون إذا فسد الناس، ولا يمارون في دين الله، ولا يكفرون أحدا من أهل التوحيد بذنب). أخرجه الطبراني عن أبي الدرداء وأبي أمامة وواثلة بن الأسقع وأنس. كنز العمال.
***قال الحافظ إبن حاجر رحمه الله:
 ﺍﻟﺴﺒﺐ ﻓﻲ ﻛﻮﻥ ﺍﻟﻘﺮﻥ ﺍﻷﻭﻝ ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻘﺮﻭﻥ ﺍﻧﻬﻢ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻏﺮﺑﺎﺀ ﻓﻲ ﺍﻳﻤﺎﻧﻬﻢ ﻟﻜﺜﺮﺓ ﺍﻟﻜﻔﺎﺭ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﻭﺻﺒﺮﻫﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﺫﺍﻫﻢ ﻭﺗﻤﺴﻜﻬﻢ ﺑﺪﻳﻨﻬﻢ،
 قال: ﻓﻜﺬﻟﻚ ﺍﻭﺍﺧﺮﻫﻢ ﺇﺫﺍ ﺍﻗﺎﻣﻮﺍ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺗﻤﺴﻜﻮﺍ ﺑﻪ ﻭﺻﺒﺮﻭﺍ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﺎﻋﺔ ﺣﻴﻦ ﻇﻬﻮﺭ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲ ﻭﺍﻟﻔﺘﻦ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﺃﻳﻀﺎ ﻋﻨﺪ ﺫﻟﻚ ﻏﺮﺑﺎﺀ ﻭﺯﻛﺖ ﺃﻋﻤﺎﻟﻬﻢ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﺰﻣﺎﻥ ﻛﻤﺎ ﺯﻛﺖ ﺃﻋﻤﺎﻝ ﺃﻭﻟﺌﻚ
 ﻭﻳﺸﻬﺪ ﻟﻪ ﻣﺎ ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﻓﻌﻪ
 ﺑﺪﺃ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻏﺮﻳﺒﺎ ﻭﺳﻴﻌﻮﺩ ﻏﺮﻳﺒﺎ ﻛﻤﺎ ﺑﺪﺃ ﻓﻄﻮﺑﻰ ﻟﻠﻐﺮﺑﺎﺀ
 فتح الباري ٧ /٩
***

Al-Hafidh Ibnu Hajar rahimahullah berkata:

“Sebab yang menjadikan generasi pertama (para sahabat) sebagai generasi terbaik adalah karena mereka ghuroba’ (orang-orang yang asing, minoritas) dalam keimanan mereka disebabkan banyaknya orang- orang kafir ketika itu, dan karena

kesabaran mereka atas penderitaan yang mereka hadapi serta berpegang teguhnya mereka dengan agama.

Beliau berkata lagi: Demikianlah generasi akhir mereka (umat Islam yang meneladani para sahabat di akhir zaman), apabila mereka menegakkan agama, berpegang teguh dengannya dan bersabar dalam ketaatan kepada Allah ketika kemaksiatan dan berbagai macam cobaan semakin merajalela, maka mereka juga termasuk ghuroba’ dan amalan mereka berlipat ganda di masa tersebut sebagaimana amalan

generasi pertama juga berlipat ganda,

Hal ini dikuatkan dengan hadits yang diriwayatkan Al-Imam Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu secara marfu’ (sampai kepada Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam)

Islam bermula dalam keadaan asing (di tengah-tengah manusia) dan akan kembali terasing sebagaimana ia bermula, maka beruntunglah al-ghuroba’.”

[Fathul Bari, 7/9]
———————
Sekian Hadits Mengenai Ghuroba By Ramadlan Xyz yang bisa saya sampaikan, dan apabila anda mempunyai tambahan mengenai hadits hadits ini saya persilahkan untuk menambahinya. dan semoga postingan ini ada manfaatnya untuk kita semua amin.

Pasang Sponsor Disini, Sponsor Banner, Sponsor Gambar, Sponsor Artikel Dan Lain lain
Posted by admin, Published at 02.08 and have 0komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar