Pendidikan dan Pengetahuan, Sosial Politik, Informasi Terbaru, Panduan dan Opini, Internet dan Blogging

Maulid Nabi ada, Kenapa Haulnya Tidak ada? Ramadlan Xyz

Maulid Nabi ada, Kenapa Haulnya Tidak ada? Ramadlan Xyz

Ramadlan.Xyz ::  Maulid Nabi ada, Kenapa Haulnya Tidak ada? Ramadlan Xyz
Saya kali ini akan membahas sebuah jawaban dari salah satu teman saya di group yang menanyakan "Kenapa Maulid Nabi ada namun Haul Nabi Tidak ada?". saya berjanji untuk menjawab pertanyaan ini di blog karena saya rasa pertanyaan semacam ini perlu saya jawab dengan panjang lebar, dan mungkin saja nanti jawaban saya ini bersambung.

Maulid Nabi ada, Kenapa Haulnya Tidak ada?
Pertanyaan dari saudara Jamil.

Jawaban:
Pertama mari kita lihat apa makna maulid terlebih dahulu.
Maulid مولد maknanya adalah kelahiran, bisa menunjukkan tempat atau waktu kelahiran, berarti maulid nabi ialah menunjukkan arti kelahiran nabi. (Baca juga: Tanggal Lahir Nabi Muhammad Saw Yang Benar Kapan? Ramadlan Xyz)

sedangkan Haul الحول bermakna berlalu, telah lewat. dan ada pula yang berarti اقام حولا mendirikan atau menempati setahun. jadi maknanya yang dimaksud ialah peringatan setahun. jadi apabila ada peringatan haul nabi berarti memperingati nabi tiap tahunnya, entah itu peringatan hari lahir atau hari wafat nabi pada bulan rabiul awal.
Jika yang dimaksud dengan pertanyaan diatas adalah peringatan kematian nabi, maka jelas kami tidak memperingati hari kematian nabi karena banyak alasan.

Alasan pertama ialah seperti perkataan Al-imam al-‘Allamah Jalaluddin As-Suyuthi

إن ولادته صلى لله عليه وسلم أعظم النعم علينا، ووفاته أعظم المصائب لنا، والشريعة حثت على إظھار شكر النعم، والصبر والسلوان والكتم عند المصائب، وقد أمر الشرع بالعقيقة عند الولادة، وھي إظھار شكر وفرح بالمولود، ولم يأمر عند الموت بذبح ولا غيره، بل نھى عن النياحة وإظھار الجزع، فدلت قواعد الشريعة على أنه يحسن في ھذا الشھر إظھار الفرح بولادته صلى لله عليه .وسلم دون إظھار الحزن فيه بوفاته

“Lahirnya Baginda Shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan paling agungnya nikmat bagi kita, sedangkan wafatnya merupakan musibah yang paling besar bagi kita. Syari’at mendorong untuk menampakkan syukur atas berbagai nikmat, dan sabar tabah menghadapi berbagai musibah, syari’at juga memerintahkan melaksanakan Aqiqah pada waktu kelahiran, dan itu merupakan bentuk menampakan syukur dan kegembiraan dengan lahirnya seorang anak, syari’at tidak memerintahkan menyembelih hewan atau jenis lainnya saat ke
matian, bahkan melarang prilaku niyahah (meratap). Dalam hal ini, kaidah-kaidah syariat tlah menunjukkan bahwa yang hasan (baik) dilaksanakan pada kelahiran Nabi adalah menampakkan kegembiraan / kesenangan dengan kelahiran beliau Saw, bukan menampakkan kesedihan sebab wafatnya beliau Saw. “

Alasan Kedua adalah tidak ada anjuran dari Rasulullah Saw untuk bersyukur atas kewafatan beliau, lain dengan dalil dalil yang menunjukkan fadlilahnya bersyukur dan mengagungkan kelahiran beliau, salah satu haditsnya ialah:

من عظم مولدي كنت شفيعا له يوم القيامة
Yang artinya kurang lebih;
“Bahwa sesungguhnya, barang siapa yang mengagungkan maulidku, maka kelak (pada hari kiamat) aku (Nabi Muhammad SAW, tidak akan mengecewakan mahabbahnya, namun aku) akan memberi syafaat kepadanya pada hari kiamat (agar diampuni dosa-dosanya sampai masuk sorganya Allah SWT)”.

Dan Rasulullah Saw sendiri mensyukuri lahirnya beliau dan ungkapan syukur beliau dengan melakukan ibadah puasa

عَنْ أبِي قَتَادَةَ الأنْصَارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ اْلإثْنَيْنِ فَقَالَ فِيْهِ وُلِدْتُ وَفِيْهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ – صحيح مسلم

Diriwayatkan dari Abu Qatadah al-Anshari RA bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab, “Pada hari itulah aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku”. (HR Muslim)

Dan untuk pembahasan mengenai Maulid anda bisa membaca artikel berikut:
Kajian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ramadlan Xyz
Maulid Nabi Muhammad Saw Kenapa Masih Diperdebatkan? Ramadlan Xyz
Untuk sementara ini sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.
Wallahu A'lam Barokallahu Lana wa Lakum amin.

Pasang Sponsor Disini, Sponsor Banner, Sponsor Gambar, Sponsor Artikel Dan Lain lain
Posted by admin, Published at 03.11 and have 0komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar